PMS

Ternyata, diet kaya kalsium dapat menekan risiko terkena PMS (Pre menstrual Syndrome) sampai 40%, demikian menurut laporan Archives of Internal Medicine.

Kebanyakan perempuan mencoba mengurangi gejala PMS, tetapi 20% gejala tersebut dapat timbul kembali. Gejala PMS ini khas dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan hubungan dengan orang lain. Bagi Anda yang selalu mendapatkannya setiap bulan, terbayang dong sakitnya!

Sebelum mengalami menstruasi, beberapa wanita sering mengalami gejala seperti: nyeri payudara, nyeri kepala dan kembung. Inilah yang disebut dengan PMS tadi.

Studi baru-baru ini melaporkan bahwa kalsium dan vitamin D yang membantu absorbsi kalsium dapat mengurangi rasa nyeri hebat pada PMS. Hasil yang didapat menyimpulkan bahwa diet tinggi kalsium dan vitamin D dapat menolong para wanita terbebas dari PMS, demikian menurut peneliti Elizabeth R Bertone-Johnson, Asisten Profesor di Epidemiology University of Massachusetts.

Untuk mengetahui efek dari diet tinggi kalsium pada PMS, Bertone-Johnson dan timnya mengumpulkan data para wanita dengan dan tanpa PMS.

Kami mendapati wanita yang tinggi asupan vitamin D dan kalsiumnya menunjukkan penurunan risiko terjadinya PMS yang sangat signifikan, menurut Bertone-Johnson.

Hasilnya terlihat nyata pada wanita yang mengkomsumsi 1.200mg kalsium dan 500iu vitamin D per hari. Wanita yang mengkonsumsi setiap harinya 4 porsi susu skim atau susu rendah lemak, orange juice dan makanan rendah lemak seperti yogurt, menunjukkan 40% lebih rendah resiko terkena PMS, dibandingkan wanita yang hanya mengonsumsi makanan tersebut sekali seminggu, ia menjelaskan.

Peningkatan asupan kalsium dan vitamin D mempengaruhi kadar hormon estrogen selama masa mensruasi. Hal ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Penemuan ini menjelaskan bahwa konsumsi kalsium sangat dianjurkan bagi wanita dengan dan tanpa PMS.

(Sumber: hanyawanita.com)

Semoga Bermanfaat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s