Tombo Ati

Obat Hati ada 5 Perkara:

1. Baca Al Quran dan Maknanya
Al Quran tidak seperti bacaan biasa. Orang yang mendengar maupun yang membaca(tanpa memahami maknanya) pun akan mendapat ketenangan, apatah lagi orang yang membaca dan memahami maknanya. Kandungan Al Quran sangatlah sempurna, kebenarannya mutlak dan terjaga sampai akhir masa, jaminannya langsung dari Sang Pemilik Hidup:

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS.Al Hijr[15] : 9)


Andaikan saja semua orang Islam tidak hanya gemar membaca, tapi juga memahami makna dan mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan, saya yakin umat Islam akan benar-benar menjadi umat yang “rahmatan lil alamien”. Setiap sikapnya akan membawa kebaikan untuk lingkungan dimana dia berada. Jangankan sikap, gerak hatinya pun selalu terjaga. Salah satu contoh, jika kita memahami makna QS. An-Naas, hati kita akan selalu terjaga untuk berlindung dari bisikan-bisikan setan yg membuat hati kita selalu was-was.

2. Dirikan Sholat Malam
Qiyamul Lail atau sholat malam, biasanya dilakukan pada setiap sepertiga malam. Dan yang paling utama yaitu pada sepertiga malam yang terakhir sampai menjelang waktu sholat shubuh. Kenapa paling utama?karena pada saat-saat ini ALLOH berjanji akan mengabulkan setiap permintaan hambaNYA. Selain keutamaan itu, sholat malam akan memberi efek kejiwaan pada orang yang melakukannya, jika ia benar-benar melakukannya penuh kekhusyukan dan mencari keridhoanNYA. Untuk efek sholat malam ini, insyaALLOH saya akan membahasnya pada postingan lain.

3. Berkumpul dengan Orang Sholeh
Untuk mengetahui pengaruh bergaul dengan orang-orang yang sholeh, coba lihat di bagian ini.

4. Perbanyak Puasa
Puasa akan melatih kepekaan seseorang pada penderitaan orang lain, selain itu juga menjadi sarana untuk melatih kesabaran, menahan hawa nafsu, dan mengendalikan diri.

5. Perpanjang Dzikir Malam
Dzikir atau mengingat ALLOH di malam hari, suasananya akan sangat berbeda jika kita melakukannya di siang hari. Apalagi jika dilakukan sendiri. Kekhidmatannya akan lebih terasa, karena kita akan merasa sangat dekat dengan Sang Khalik, dan setelah itu kita akan mendapatkan ketenangan jiwa yang sangat luar biasa. Jika kita sudah memiliki ketenangan, insyaALLOH kita bisa menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya, tidak ada lagi ujian atau cobaan hidup yang terasa berat. Laa haula wa laa quwwata ilaa billaah….

Semoga kelima “obat” ini bisa “mengobati” dan lebih “menyehatkan” hati-hati kita semua….Wallohu’alam….

Semoga Bermanfaat,

Cheers,

– admia is my fabulous nick –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s