10 Enterprise to Watch

Berikut 10 Peringkat THE HOTTEST ENTERPRENEUR versi Majalah SWA:

1# Bakmi Japos
Usaha hasil besutan Tjoa Heng Lie, yang awalnya adalah pedagang mi dengan gerobak dorong. Saat ini berkembang hingga 22 restoran dan 12 diantaranya merupakan gerai waralaba. Setiap gerai mampu menarik 500 orang pengunjung per harinya dan secara total meraih omset Rp 4 miliar/bulan.

2# BreadTalk
Toko roti dari Singapura ini, dibawa oleh Jhonny Andrean. Gerai pertama yang dibuka di Mall Kelapa Gading April 2003 laris dibanjiri pembeli. Dalam minggu pertama sejak dibuka, telah dibukukan 1200 transaksi yang terus meningkat pada minggu-minggu berikutnya. Tidak sampai satu tahun, BreadTalk membuka gerai baru di Mall Taman Anggrek dan Plaza Indonesia.

3# Cinnabar dan Magnolia Restaurant dan Bar/ PT Citra Ambrosia
Dijalankan oleh Dian Purba dkk, membidik kalangan menengah atas dengan menyajikan berbagai masakan Eropa dan Asia. Cinnabar berdiri sejak Maret 2000, dan mampu meraih BEP hanya dalam waktu 10 bulan sejak didirikan. Dengan jumlah pengunjung rata-rata mencapai 1500 orang/bulan, Dian Purba dkk, yakin bisnis ini berprospek bagus sehingga didirikanlah Magnolia dengan konsep sama pada Agustus 2001.

4# Edward Forrer
Didirikan oleh Edward Forrer pada 1993, WNI keturunan Belanda dengan fokus bisnis sepatu fashion untuk pria dan wanita. Dalam sebulan mampu memproduksi 28 ribu pasang sepatu dengan harga rata-rata Rp 100-200 ribu per pasang. Kini, mempunyai 14 gerai tersebar di Bandung (8 gerai), bali (2 gerai), Surabaya, Yogyakarta, Jakarta dan Sidney Australia (masing-masing 1 gerai). Selain pasar lokal, juga untuk menembus pasar ekspor antara lain ke Perancis.

5# Lu Vaze
Salon mewah yang membidik kalangan menengah atas. Didirikan oleh Jimmy Ho pada 1995, saat ini telah bekembang menjadi lima gerai di Jakarta. Dengan jumlah karyawan mencapai 300 orang, setiap harinya masing-masing gerai melayani 100 orang pelanggan yang membayar tarif Rp 250-500 ribu untuk satu layanan.

6# Madu Nusantara, PT
Didirikan 17 tahun lalu ini oleh William Santoso. Saat ini memproduksi 7 jenis madu yang dipasarkan di dalam negeri dan diekspor ke beberapa negara Asean dan Timur Tengah. Dengan tujuh cabang di seluruh Indonesia, berhasil meraih omset pertahun nya hingga Rp 25 miliar lebih.

7# Rumah Makan Sederhana/Sederhana Citra Mandiri
Rumah Makan Padang yang sangat dikenal di Ibukota. Didirikan pada awal 1980-an oleh Bustaman, kini mempunyai 30 cabang di Jakarta dan Surabaya — 15 di antaranya dikelola pihak ketiga. Tahun ini waralabanya sudah sampai di negeri Jiran Malaysia.

8# Tabloid C&R/PT.Bintang Advis Multimedia
Dirintis oleh Ilham Bintang sejak 1997, awalnya memproduksi C&R, sebuah tayangan infotainment di sebuah TV swasta, diikuti oleh terbitnya tabloid hiburan dengan nama yang sama. Begitu suksesnya tabloid ini, hanya dalam waktu 1 bulan setelah diluncurkan sudah balik modal Tirasnya terus meningkat hingga mencapai 110 ribu eksemplar dengan pendapatn iklan sekitar Rp 1,6 miliar. Kontribusi iklannya mencapai 75% dari total omset tabloid C&R.

9# Teh 63/ PT.Teh Enam Tiga
Masuk ke pasar tahun 1995. Produksinya mencapai sampai 100 kg perhari dan 80%nya untuk ekspor. Sisanya di pasarkan ke supermarket kelas atas, hotel berbintang dan spa di dalam negeri. Butik tehnya di Ratu Plaza dibuka pada 1995 dan mayoritas pelanggannya adalah warga keturunan Cina. Selain menjual berbagai minuman teh oolong, juga menjual aneka peralatan minum teh premium. Produk yang laris antara lain Teh Cawang Rp 375 ribu per tiga ons dan Teh Juara Rp 2 juta per tiga ons.

10# Vinoti Living/PT. Graha Vinoti Kreasindo

Awalnya bergerak di bidang interior kantor kantor, kemudian banting setir berbisnis furniture dengan segmen menengah keatas. Dibesarkan oleh Halistya Pramana dan Dedy Rochimat dkk sejak 1988. Kini telah memiliki 8 gerai tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Singapura, serta membuka perwakilan di San Francisco, Amerika Serikat.

Cheers,

– admia is my fabulous nick –

3 thoughts on “10 Enterprise to Watch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s