Buku Kecil Kearifan Islam

Kehidupan Rosululloh SAW memiliki banyak hikmah dan dijadikan rujukan oleh kaum Muslimin dalam mencontoh ketakwaan beliau kepada ALLOH SWT.
Sudah banyak para ulama yang menghimpun kisah-kisah berhikmah Rosululloh beserta sahabat dalam berbagai buku. Salah satunya adalah Buku Kecil Kearifan Islam yang ditulis oleh cendekiawan asal India, Maulana Wahiduddin Khan. Judul aslinya adalah An Islamic Treasury of Virtues:a collection of inspiring thought, story, quotes, and saying of the Prophet Muhammad and his companions. Buku ini terdiri dari dua jilid. Ukurannya kecil mirip dengan buku saku.

Tiap kisah dalam buku ini menjadi sebuah cerita yang berdiri sendiri, dituturkan dengan sederhana dan bahasa yang ringan.

Buku satu terdiri dari delapan bab membahas tentang Iman, ibadah, ikhlas, takwa, rendah hati, dan lainnya.

Buku kedua ada sepuluh bab, membahas tentang adab berbicara, adab bermasyarakat, watak Islam, keadilan, persatuan, mencari nafkah, dan lainnya.

Berikut beberapa kisah di buku tersebut yang patut kita renungkan:

Makanan
Salah satu akhlak Rosululloh yang patut kita contoh adalah sikapnya dalam menghadapi makanan. Jika beliau tidak menyukai makanan yang dihidangkan padanya, beliau tidak akan mencela, hanya ditinggalkan saja.

Munafik
Ketika Rosululloh ditanya, “mungkinkah seorang mukmin pengecut?”, “Mungkin saja?”, jawab Nabi. Ketika ditanya mungkinkah seorang mukmin kikir?Rosul mengiyakan lagi. Namun ketika ditanya mungkinkah seorang mukmin berdusta?beliau menjawab tidak mungkin, sebab ini merupakan sifat orang munafik.

Membalas Kejahatan dengan Kebaikan
Khalifah Umar berkata:”Cara yang terbaik untuk membalaskan dendammu pada orang yang tidak mematuhi perintah Alloh dalam urusan yang menyangkut dirimu adalah dengan mematuhi Alloh dalam urusan apapun yang menyangkut dirinya.”

Berdoa
Dikisahkan beberapa orang bertanya pada Rosululloh. Apakah Alloh demikian dekat, sehingga mereka dapat membisikkan doa kepadaNYA, ataukah jauh sehingga harus diucapkan dengan keras. Rosululloh menjawab dengan membacakan surat al-Baqarah ayat 186:”Dan apabila hamba-hambaKU bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah, bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku…”

Intinya, buku ini memberikan gambaran otentik pandangan hidup Islami bagi pembacanya.

Judul Buku:
Buku Kecil Kearifan Islam. Kisah-kisah Nabi dan Sahabat yang Penuh Ilham dan Mencerahkan.
Pengarang:
Maulana Wahiduddin Khan
Penerbit:
Pustaka Alvabet, Jakarta, 2005

Semoga bermanfaat…

Cheers,

– admia is my fabulous nick –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s