Serabi Tuna

Enak kali yee…dimakan pas sahur atau pada saat berbuka…?aku sih kapan aja…kalo laper…langsung capluk aja….hihih…

Ini dia resepnya…

BAHAN:
300 g fillet ikan tuna
2 sdm air jeruk nipis
2 sdm minyak untuk menumis
100 g jagung manis pipilan
50 g daun kemangi, petiki, cuci bersih
2 lembar daun jeruk purut, iris halus

Bumbu, haluskan:
15 butir bawang merah
3 buah cabai merah
2 cm jahe

2 butir kemiri sangrai
2 lembar daun jeruk purut
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Serabi:
2 butir telur ayam
500 g tepung terigu berprotein sedang
1/2 sdt garam
950 ml santan dari 1 butir kelapa parut
1 sdm minyak untuk mengoles

CARA MEMASAK:
1. Lumuri fillet tuna dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit, tiriskan. Panggang hingga setengah matang dan kecokelatan, angkat. Suwir-suwir dagingnya, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan tuna suwir dan jagung, aduk rata. Masukkan daun kemangi dan daun jeruk, masak hingga ikan matang. Angkat, sisihkan.
3. Serabi: Kocok telur hingga mengembang, masukkan terigu dan garam, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil pukul-pukul adonan dengan tangan selama 20 menit hingga adonan terasa ringan. Diamkan selama 1 1/2 jam, sisihkan.
4. Penyelesaian: Panaskan wajan serabi hingga wajan panas dan beruap, olesi minyak. Tuang 50 ml adonan ke dalam wajan serabi, ratakan. Diamkan hingga adonan berpori-pori. Taburi tumisan tuna di atasnya. Tutup wajan, masak hingga serabi matang. Angkat, sajikan hangat.

Untuk 25 buah

TIPS:
• Pukul-pukul adonan serabi dengan tangan hingga benar-benar terasa ‘ringan’. Tujuannya adalah supaya banyak udara yang masuk sehingga menghasilkan permukaan serabi yang berongga.
• Selain wajan dari tanah liat, wajan dari besi tebal juga dapat digunakan karena menyebarkan panas secara cepat dan merata.
• Olesi segera wajan dengan minyak setelah panas. Gunakan kuas dari daun pisang sehingga adonan beraroma harum.
• Topping atau taburan serabi bisa divariasikan dengan tumisan oncom, telur, atau daging ayam.

(Sumber: Majalah Femina)

Selamat Mencoba…jangan lupa kirim hasilnya ke yg punya blog ini yaaa….hihhi…

Cheers,

– admia is my fabulous nick –

2 thoughts on “Serabi Tuna

  1. Ummm yummy nich, cuma aku agak susah bikin serabinya euy, apa aku beli aja ya serabinya tinggal bikin toppingnya aja hehehe, ma’acih tante miawww

  2. ada resep lain yang lebih gampang bu. caranya: 1. beli semua bahan serabi tuna tadi, kemudian 2. masukkan semuanya ke dalam kulkas,
    3. pergi ke luar rumah, cari tukang serabi,
    jadi deh semuanya….gampang kan??

    Selamat mencoba,😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s