Let’s Say: “Thank You God…!”

Berhubung kosanku tidak jauh dari kantor, biasanya aku sering pulang ke kosan untuk makan siang sambil menonton tivi.
Siang hari ini, aku ke kosan kira-kira jam 12 lewat 15 menit, dan aku masih sempat melihat tayangan berita-berita ringan di sebuah televisi swasta, nama acaranya “Jelang Siang”. Salah satu liputan yang aku tonton saat itu adalah tentang kehidupan warga pendatang di Jakarta yang tinggal di “Perkampungan Doger Monyet”, kalau gak salah, tempat itu letaknya di bagian timur Jakarta, daerah Jatinegara. Penduduk di pemukiman ini adalah pendatang dari luar Jakarta.
Tersebutlah sebuah kelompok pertunjukan doger monyet yang terdiri dari 4 orang laki-laki, umurnya kira-kira 20-30 tahunan, dan tentu saja seekor monyet/kera, bernama Baron. 4 orang personil ini masing-masing memainkan satu macam alat musik(salah satunya adalah organ) yang mereka sewa seharga 12 ribu per hari, dan kera itupun disewa dengan harga 12 ribu rupiah (juga) per hari, sehingga total biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal awalnya adalah 24 ribu rupiah.

Mereka berempat biasanya keliling kota Jakarta dari pagi sampai sore, untuk mengais rezeki dari atraksinya si Baron. Pada hari itu, penghasilan kotor yang mereka dapat sebanyak 41 ribu rupiah. Setelah membayar biaya sewa dan membelikan makanan si Baron yang terdiri dari (segelas susu, satu butir telur ayam kampung, dan satu tablet Pil Kita), penghasilan bersih yang diterima oleh masing-masing orang adalah tiga ribu lima ratus rupiah.
Masya Allah….aku sampai kaget, dan takjub dengan usaha yang mereka lakukan untuk mendapatkan uang sekian itu. Jika dibandingkan dengan harga makan siang yang sedang aku makan saat itu, cukuplah jauh, dua kali lipat dari penghasilan mereka.

Ya Allah…jika mereka gigih bekerja, kemudian bersyukur dan tabah dengan apa yang mereka miliki saat ini, berapa kali lipat aku harus lebih bersyukur dan tabah dari mereka??

Thank You Allah…!!:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s