[TIPS][KESEHATAN]HIDUNG BUNTU

Pernahkah anda merasakan hidung buntu?atau hidung seperti tersumbat?Biasanya kita merasakan hidung buntu jika sedang pilek atau influenza.
Tahukah anda kenapa bisa terjadi demikian?
Berikut adalah kutipan dari jawaban dokter di forum konsultasi tanyadokter.com:

“Hidung buntu/tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pembengkakan konka atau bagian dari saluran udara hidung kita yang letaknya di bagian dalam batang hidung mengalami pembengkakan sehingga menyumbat aliran udara yang masuk melalui rongga yang kecil itu. Hal ini diakibatkan karena radang akibat infeksi (misalkan influenza), alergi, dll; atau adanya polip yang menyumbat aliran udara yang masuk ke dalam rongga hidung.

Pemakaian inhaler yang terlalu sering pun tidak baik karena akan membuat konka hidung menjadi mengecil terus menerus dan merusak sel-sel di dalam rongga hidung sehingga akan mengganggu indera penciuman kita.”

TIPS:
cara tradisional/tanpa obat kimia untuk mengatasi hidung buntu:
menghirup uap air yang hangat serta menutup kepala dengan handuk supaya uap air bisa terhirup lebih banyak, dan dapat melancarkan aliran darah di rongga hidung serta mengecilkan konka yang membengkak

WARNING:
Jika hidung tersumbat terus-menerus, mungkin disebabkan oleh adanya tumor seperti polip, segeralah berkonsultasi ke dokter THT!!

3 thoughts on “[TIPS][KESEHATAN]HIDUNG BUNTU

  1. saya merasakan denyut – denyut didalam hidung saya dan pernah chek up ke dokter THT tetapi katanya hanya alergi dingin karena saya juga sering bersin bersin dan keluar cairan dari hidung saya ketika kena debu atau hujan. ketika diberi obat cairan tadi berhenti tetapi denyut2 nya tidak hilang dan menggangu konsentrasi saya ketika belajar. saya mau tanya itu kenapa dan apa solusinya
    thanks

  2. putri saya usia 2.5 th pernah memasukkan bulatan kertas kardus nasi dihidungnya, saat diperiksakan k dokter tht ternyata tidak kelihatan lewat hidungnya, dilihat dr mulut juga kata dokternya tidak kelihatan, kata dokter itu saya disuruh menunggu 1 minggu, kl hidung pilek sebelah/yg kemasukan kertas pilek berarti kertas masih ada dalam hidung. pertanyaan saya berbahayakah itu u keadaan anak saya, jika si anak tidak terjadi pilek apakah itu sudah tidak berbahaya lagi dan apa yg harus saya lakukan

Leave a Reply

