TALI PUSAR

MANFAAT DARAH TALI PUSAR
Oleh: Dr. Surya Wardi (April-2007)

Bila pada kelahiran selama ini darah dari tali pusat anda atau isteri anda dibuang begitu saja sesaat setelah seorang ibu melahirkan, pikirkan sekali lagi sebab, pada darah tali pusat terkandung sel induk yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sel induk mampu membentuk sel-sel darah, sel-sel baru atau sel tubuh yang lain, seperti sel darah merah, sel darah putih, keping darah, sel hati, sel ginjal, dsb; mampu membentuk sistem kekebalan tubuh yang penting dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Di saat kita terluka, sel ini akan membelah diri menjadi sel baru, menggantikan sel yang rusak.

Menurut versi National Marrow Donor Program (NMDP) USA, pada saat ini sel induk dinyatakan telah teruji secara klinis sudah 72 jenis penyakit yang bisa disembuhkan di antaranya adalah leukimia, berbagai anemia, myeloma, kanker, dsb. Bahkan di masa mendatang penyakit jantung, hati, stroke, diabetes, alzheimer, lupus dan parkinson dapat disembuhkan dengan sel induk. Sel induk pada darah tali pusat, saat ini terbukti telah banyak menyelamatkan hidup tidak hanya bagi sang bayi, melainkan untuk orang tua anda dan saudara sekandung. Sampai saat ini telah dilakukan lebih dari 3.000 transplantasi darah tali pusat.

Pada proses kelahiran, proses pengambilan darah tali pusat ini berjalan aman, cepat, tidak beresiko dan tidak menyakitkan ibu maupun bayinya. diambil oleh dokter kandungan. Kesempatan untuk melakukan penyimpanan darah tali pusat ini hanya dimungkinkan tepat pada saat proses kelahiran bayi anda. Bila saat kelahiran ini darah tali pusat anda tidak disimpan maka materi yang amat berharga dan dapat menyelamatkan hidup ini akan hilang terbuang begitu saja dengan sia-sia. Untuk itu jangan lewatkan kesempatan sekali dalam hidup anak anda untuk saat ini dan masa depan keluarga anda.

Konsultasikanlah penyimpanan darah tali pusat ini dengan dokter kandungan anda.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
BioNet BabyBanks
Rasuna Office Park Unit BO-01
H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan
Telp: 8378 6522
Contact Person: Dr. Surya Wardi
Mobile Phone: 0811 95 0812

2 thoughts on “TALI PUSAR

  1. dokter ,apakah setelah kita dewasa pusar harus dirawat juga? bagaimana cara merawat pusar yang baik? apakah pusar anak dewasa dapat berbau disaat keluar keringat? bagaimana kalo ibu sudah tidak menyimpan tali pusar saya lagi dokter? trimakasih dokter surya wardi.

  2. Dokter,kalo di daerah saya ari-ari(plasenta dan tali pusar) setelah lahir dimasukkan ke suatu tempat kemudian ditimbun di dalam tanah. Apakah itu masih bisa digunakan? Thanks dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s