10 Tanda Kehamilan

Apakah anda hamil?Coba kenali 10 tanda-tanda berikut:

1. Puting/payudara lebih lembut
Jika Anda hamil, Anda akan mengenali bahwa payudara dan putingnya menjadi lebih
lembut sekitar tiga pekan setelah pembuahan (saat haid terlambat sekitar
seminggu). Mungkin payudara terasa bengkak, serupa
dengan saat menjelang haid.

2. Muncul flek dan kram
Saat anda hamil, biasanya ditandai dengan munculnya flek pink di celana dalam
yang terjadi saat implantasi (manakala embrio menempel di dinding uterus. Hal
ini terjadi sekitar 8-10 hari menyusul ovulasi, sedikit lebih awal dibanding
datangnya waktu haid). Kadang kita salah mengartikannya sebagai haid, hanya
waktunya lebih pendek ketimbang menstruasi normal. Kram juga umum terjadi di
awal kehamilan. Sampai kehamilan trimester kedua, kram seperti ini akan muncul.
Kontraksi di rahim terjadi secara teratur, meningkat dengan olahraga, orgasme
dan bahkan perubahan posisi.

3. Penggelapan areola
Pada kehamilan awal, Anda mungkin mengenali daerah areola (daerah gelap yang
mengelilingi puting payudara) mulai menjadi lebih gelap dan diameternya
membesar. Diyakini bahwa bertambah gelapnya warna areola membantu bayi yang
baru lahir menemukan puting untuk menyusu. Anda mungkin juga akan mengenali
bahwa vena di payudara menjadi lebih kelihatan karena penegangan payudara.

4. Lelah berlebihan
Jika anda hamil, gejala yang paling umum dalam delapan hingga sepuluh minggu
pertama adalah rasa lelah. Saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme
yang signifikan. Seluruh tubuh Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap proses
baru bertumbuhnya janin. bagi sebagian besar wanita, kelelahan akan pergi saat
usia kehamilan 12 minggu.

5. Mual dan muntah
Jika Anda hamil, pada awal kehamilan, beberapa hari setelah pembuahan, mungkin
akan mengalami morning sickness. Sebenarnya morning sickness ini nama yang
salah, karena pada kenyataannya mual dan muntah bisa terjadi kapan saja: pagi,
siang, malam.

6. Sering buang air kecil
Saat haid terlambat satu hingga dua minggu, mungkin keinginan buang air kecil
menjadi lebih sering ketimbang biasanya. Ini karena janin yang tumbuh di rahim
menekan saluran urin. Makanya terasa kebelet pipis.

7. Sembelit
Buang air besar (BAB) menjadi sulit dan tidak lancar? Ini lazim terjadi pada
awal kehamilan. Hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan
usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.

8. Naiknya temperatur basal tubuh
Nah, bisa dipastikan anda hamil jika suhu basal tubuh meningkat, saat masa haid
yang harusnya datang terlewat. dan tidak turun ke level sebelum terjadi
ovulasi. Saat terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopii, dan
membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, dimana ovum terbuahi akan menempel
di sana.

9. Haid tak datang
Ini pertanda awal kehamilan, apalagi jika haid terbiasa teratur. Dikombinasikan
dengan tanda-tanda positif di atas, kemungkinan besar Anda memang hamil.

10. Tes kehamilan
Jika Anda ingin memastikan kebenarannya, lakukan dengan test pack yang bisa
dibeli bebas di apotek. Tes urin akurat untuk kehamilan usia 10-14 hari. Ingat,
test kehamilan yang bisa dilakukan di rumah itu belum tentu 100% benar, bahkan
setelah melalui cek darah sekalipun. Jika semua tes hasilnya negatif, sementara
Anda merasa seperti hamil, lakukan tes lagi. Kali ini ke dokter kandungan.

Sumber: http://www.kompas.co.id/wanita/news/0506/13/150425.htm

70 thoughts on “10 Tanda Kehamilan

  1. haid saya di 3 bulan terakir selalu jatuh pada tanggal 18, jika bulan ini sampai tgl 20 saya belum mens,apakah ada kemungkinan saya hamil ??? Mengenai tanda tanda kehamilan beberapa terjadi pada saya, seperti pembengkakan payudara, dang sangat sakit, saya tidak yakin bahwa aerola mengalami pelebaran, tetapi payudara sakit sekali jika tersentuh, apalagi di puting nya yg berwarna sangat merah, apakah itu juga termasuk tanda tanda kehamilan ???? dan pada tanggal 13 kemarin, saya merasa di alat kelamin saya basah, kemudian saya bersihkan dengan tisue, dan terdapat bercak kecoklatan pada tisue, saya berfikir bahwa saya mens, tetapi ke esokannya hingga saat ini tidak ada bercak lagi ataupun haid, apakah itu termasuk tanda kehamilan juga ?
    Mohon bantuan jawabannya, terimakasih.

    mbak Devy… saya tidak berkompeten untuk menjawabnya, lebih baik mbak tanya langsung ke dokter; atau coba kunjungi situs ini: http://www.tanyadokter.com.
    Semoga bermanfaat yaa….makasih udah mampir ke sini.

  2. Tanya bos, istrikoe sduah coba test urine pake test pack, tapi negatif. tapi… beberapa gejala seperti yang anda sebutkan memang sedang dialami. Kira-kira di hamil nda ya…???

  3. waktu aku selesai haid, suamiku menyuruhku oral. penisnya ngeluarin sperma yang lumayan, tanganku juga terkena sperma tersebut. beberapa jam kemudian aku pipis dan aku membersihkan bagian V ku dengan tangan yang terkena sperma tadi. apa mungkin itu bisa membuat saya hamil?

  4. nama saya rara.. saya mau tanya dik… saya sudah terlambat mens 1 bulan biasanya saya g penah terlambat mens.. saya selalu z dapet setiap bulannya tp tiba2 in saya blum dapet 1 bulan.. tp jujur ya dok sya tiak pernah yang nm nya melakukan hub sexam pasangan saya..
    tp nth knp saya merasakan mual2 n saya nth knp pengen ngemil2 + payudara saya sakit n disekeliling nya ad warna hitam… n puting saya keras… ap it tandanya saya hamil??? jujur yaa dok saya merasa ketakutan sekali
    saya mohon bantuan dokter….
    saya tunggu
    mksh!!!

    mbak r4ra yang baik…
    maaf ya…saya bukan dokter.
    Jika anda ingin berkonsultasi dengan dokter online, bisa gabung di sini : http://tanyadokter.com

  5. pacar ku sudah dari awal bulan sampai sekarang belum juga haid,tapi pas tanggal 15 dia mengalami keluarnya darah di bagian vagina nya namun hanya sekali saja itu pun cuma sedikit.Apakah itu tanda-tanda kehamilan?

  6. usia pernikahanku udah 8 blnan,sampe sekarang aq blm hamil, padahal aq n suami q dah pengin bgt punya momongan..usia q 25 thn.
    3 bln terakhir ni haid ku ga lancar, pernah telat smpe 10 hari..aq coba test pack utk uji kehamilan ternyata hasilnya negatif…sedih rasanya.. itu gmn ya? pa tadinya aq mo hamil ato karena apa?

  7. tanya nic,dua bualan ini aq selalu telat haid,kenapa yah ? apa ada penyakit, telat nya sic sekitar 3 sampai 5 hari,di bulan sebelum nya normal selalu maju 2 hari,mhn penjelasan nya trims. ..

  8. mau nanya nih.kalo saya ma calon istri sy baru2 ini berhubungan sex.yang saya moyang tanyain,,sebelum keluar sperma itu kan keluar cairan bening yg lengket.nah cairan tsb bisa menyebabkan hamil ga???? plisss siapapun jwab pertayaan sy.

  9. hamil nga yah??? harusnya besok dah mulai mens, tp ko sampe sekarang belum ada tanda2…???
    terakhir berhubungan sex 3 minggu yang lalu. semua gejala diatas sudah terjadi. hamil nga ya daku????

  10. istriku… kemarin baru ja mens tapi ko cuma 1 hari sih… biasanya banyak lama sekitar 5 harian lah… ko sekarang 1 hari sedikit lagi… napa ya????
    blz ya ke emailku please segera

  11. ada yang bilang klo cairan yang keluar pertama itu bukan sperma karena cairan tersebut bukan berupa cairan yang padat tapi hanya bening tapi saya g tau itu leket atau tidak

  12. Saya mo nanya…
    Bulan ini saya telat datang bulan, sudah hampir 2 minggu. Sdh beberapa hari ini terjadi pembengkakan pada payudara seperti saat mau haid.Saya melakukan hub sex dg suami saat minggu” sblm datang haid. Apa saya hamil y??

  13. mo tny nih,,
    bln nov ini sy blom haid,,
    trakhr bhub sex 2mnggu yg lalu,,
    bln okt lalu sy haid pd awal bln sktr tgl 9-14okt,,
    pd saat sy bhub sex sllu sperma dkluarkan dluar…
    ap sy hmil??
    tp tanda2 diatas byk tdk trjdi d sy,, mhon djw y,,
    tengz

  14. bagi anda yang mengalami masalah dengan HAID bisa hubungi saya untuk saya bantu therapy. boleh ke 081-2604-5788 a/n Japrinus

  15. saya terlambat haid skitar 2 minngu, tp tdk merasakan mual ato yg lain.saya uji pake tesk pack kehamilan hasilx negatif. mohon penjelasan.thx

  16. saya udh 2 mnggu gag dtg haid,, N tnda2 di atas trjadi pada dri sya… apakah saya hamil??? tpi setiap behubngn dgn pcr sya,,,dia sllu mngluarkn sprma di luar??
    apakah itu brsiko hamil??

  17. aku pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiing ceweku blm haid,, padahal udah sebulan lebih…. terakhir kita ngelakuin hubungan dan saking enaknya aku kluarin didalam! rasanya puas bgt mpe 3 kali aku setorin cewekku sperma, besoknya lg dia malah minta dikluarin di dalam,, ya tentu saja aku mau.. tapi aku ngelakuin pada masa tidak subur.. hamil gak Ya??? dokter tolongin dong gimana caranya bisa mens… besok2 ku ga akan ngluarin di dalam lg.. ato pake kondom aja wlpun ga enak tp kan aman,, aku bingung pusiiiiiiiiiiiiiiiiing blm siap nikah,, hiks smoga aja ceweku gak hamil.. amien

  18. dok..saya mau tanya,,

    apakah sperma yg mnempel di luar/dpan mulut vagina bisa membuahi??
    terus apa ada gejala/tanda2 kehamilan saat pertama melakukan hub sex?atau tanda2nya setelah beberapa minggu??

  19. saya mau tanya apa kah saya ini hamil or tidak?masalahnya saya sekarang sedang mengalamin pusing2&bawaanya mual2&mau muntah,kira2 hal ini menyebabkan kenapa yach?
    saya pingin tau jawabannya secepatnya saya tunggu

  20. hi dok, saya mau nanya nih.
    kenapa saya belum haid juga?padahal saya tidak merasa stress. tapi saya mengalami beberapa tanda2 di atas, 2hari yang lalu saya sudah testpack tapi hasilnya negatif.
    apakah berpengaruh apabila saya menggunakan pil KB? karena baru 1bulan ini saya menggunakan pil tsb. trims untuk jawaban nya.

  21. Dok, saya mau tanya……
    Saya udah 3 bln blm haid, tp waktu periksa ke dokter kandungan aku nggak hamil. Padahal aku merasakan ada beberapa gejala kehamilan seperti diatas. Gimana itu dok??

  22. Dok,saya g pernah melakukan hub sex pd umum’y dgn pcr saya..
    Biasa’y kami cuma kissing aj tp p0sisi tubuh dy di atas saya..
    Alat kelamin Dy mengepaskan dgn pny saya tp kami selalu msh pke bju+clana lengkap dan dy mengeluarkan sperma jg tp di clana’y g pernah di luar/di dlm vagina saya..kami melakukan itu sming9u 1x..
    Apakah bs hamil?
    Cuz ak dah telat seming9u nich..
    Ak dan co ku takut bgt..

  23. Dok,saya g pernah melakukan hub sex pd umum’y dgn pcr saya..
    Biasa’y kami cuma kissing aj tp p0sisi tubuh dy di atas saya..
    Alat kelamin Dy mengepaskan dgn pny saya tp kami selalu msh pke bju+clana lengkap dan dy mengeluarkan sperma jg tp di clana’y g pernah di luar/di dlm vagina saya..kami melakukan itu sming9u 1x..
    Apakah bs hamil?
    Cuz ak dah telat seming9u nich..
    Ak dan co ku takut bgt..

  24. Dok,saya g pernah melakukan hub sex pd umum’y dgn pcr saya..
    Biasa’y kami cuma kissing aj tp p0sisi tubuh dy di atas saya..
    Alat kelamin Dy mengepaskan dgn pny saya tp kami selalu msh pke bju+clana lengkap dan dy mengeluarkan sperma jg tp di clana’y g pernah di luar/di dlm vagina saya..kami melakukan itu sming9u 1x..
    Apakah bs hamil?
    Cuz ak dah telat seming9u nich..
    Ak dan co ku takut bgt..

  25. BUAT KAMU YG MASIH STATUSNYA PACARAN,JGN NGESEKS SEBELUM DIHALALKAN,ENAKNYA SESAAT TP DOSANYA DIBW SAMPAI MATI

  26. Aq bru nglaksanain pnikahan tgl 20 mei yg lalu.trakhr haid tgl 18 mei.ap aq hamil???soalx ad tnda2 yg dsbutkan diats yg aq alami.cntohx pyudaraku mbngkak,ad b’cak diclana dlm.jwb scptx ya

  27. aduhh parah bgt ya remaja sekarang, gini ya, saya cuma mao bilang , jangan main2 dengan seks bebas ya, itu dosa loh, lakukan lah seks itu setelah kamu menikah, jangan membuat sesuatu hal yang bisa membuat orang tua kamu kecewa atau membuat dirimu hancur, seks lebih nikmat jika kalian sudah menikah. bersabarlah para remaja, lakukan pacaran dengan SEHAT!!!!, JANGAN MERUSAK MORAL KALIAN SENDIRI!!!

  28. Sore Dok,
    Nama saya Lili, sy sudah menikah dari tgl 28 Februari 2009. Saat ini tgl 12 Juni 2008 sy sedang hamil dan umur kehamilan sy sudah 21 minggu (tepatnya sudah 5 bln).
    Aneh sekali dok, padahal umur kita menikah baru saja 3 bulan 2 minggu. Sy mulai berhubungan intim dg suami sy awal maret 2009. Terakhir sy cek ke dokter umum tgl 26 Maret 2009 gara2 perut sy sakit (susah kencing), sempat sy tanyakan juga apakah sy sudah hamil? karena dari Januari sampai maret kq sy belum juga mens. Menurut Dokter umum tersebut sy belum hamil dan sampai akhirnya sy diberi resep berupa vitamin. (untuk ibu hamil)
    Yg sy tanyakan dok? Apakah hasil dari USG itu benar2 akurat dalam mengukur umur kandungan? Selama sy hamil badan sy kurusan tetapi perut sy smakin membesar. Apakah USG mengetahui umur kandungan dari besarnya janin dalam perut? Bagaimana klo ternyata memang janin dalam perut sy besar?
    Sy tunggu jawabannya dok, terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

  29. aq mo nanya.. Apa pake tespac bgs.a pipis d pagi hari y lbh akurat.. Aq sreng bgt mual. Trs d payudara srg trs keras.. Psng jg sreng tp aq ragu hamil.. Br 1 bln aq merid.. Trus u anak jaman skrg jgn prnh tergoda u ngelakuin hun intim sm pcr, dosa dunia akhiirat.. Apalg u cew.. Jgn prnh cb2.. Kt cew gampang bgt ilang hrg diri..

  30. awal mens terakhirku tgl 09 juli, dan sampai sekarang tgl 10 agustus blm dtg,apakah saya hamil? dengan diliputi rasa sakit disekitar puting payudara?

  31. awal mens terakhirku tgl 09 juli, dan sampai sekarang tgl 10 agustus blm dtg,apakah saya hamil? dengan diliputi rasa sakit disekitar puting payudara?

  32. Hi, usia perkwnanq menginjak 4th tgl 25 bsk. Tapi smpi skrg km msh blm dibr keturunan. Pdhal km sdh sgt kepgn. Suamiq sdh srg tak ajak periksa,blgny IYA tapi sampai skrg g pernah periksa2 jg, gmn ya…… Apa suami br mau dg dipaksa??????????????

    Bee:
    Masalah anak adalah tanggung jawab berdua. Suami dan istri harus punya kesadaran sendiri untuk mengusahakan kehamilan, jangan sampai ada pihak yang terpaksa.
    Jika pun hasil pemeriksaan ada salah satu yang bermasalah, hendaklah jangan saling menyalahkan,tapi harus saling mendukung dan menguatkan.
    Mari berusaha, semoga usaha kita mendatangkan hasil seperti yang kita harapkan…

  33. aq mo nanya dunk……belakangan ini aq sering ngerasa badan qu pegel2 n ngersa ngilu,,,payudara q jg sering ngerasa sakit n da payudara q mulai membesar……..melihat tanda2 itu apakah saya hamil???tolong solusinya ya,,thks

    Bee:
    Belum tentu, gejala mau datang haid juga kan begitu.
    Kalau sudah terlambat, coba test pack saja, atau ke dokter.

  34. saya mau tanya, sy haid tdk teratur tp kedokter udah,diberi obat dan “ditiup”. sy dtg bulan juli tgl 6, bln agustus 14 sampai sekarang blm dtg haid, bagian perut bawah kiri sy skrg sering nyeri terus ilang cuma sebntar an pinggung pegal2, klu ada bau yg yg aneh sy mual itu yg saya rasa, sy test negatif, sdgkan dtg ke dokter lg klu dtg bulan, apakah itu bisa dibilang hamil ???, apa pendapat sdr kapan sy test lg ?

    Bee:
    Coba test pack lagi, atau kalau mau lebih akurat, tes darah.

  35. hy.. saya mau tanya.. sy pengen banget Hamil.. sy nikah br 5 bulan.. sy seing capek, perut sy jg sering sakit, payu dara jg.. apa itu jg gejala hamil ya???

  36. saya ibu kpd seorang ank berusia 2thn 2bln, period saya dtg seperti biasa bln lps(10) tp selepas 2mggu saya x sedap bdn dn kerap membuang air tp bila saya test negetif jwpannya. Bulan ini pula period saya dtg awl sehari dr biasa, tp cuma ari pertama byk , ari ke2-ke3 sikit2 ari ke4-ke5 x de pulak dn ari ke6- ke7 ada blk tp kdg2 ada kdg2 x de,,,,dn sekarang saya mula rasa mual….pening…mengantuk… di ari2 saya rasa ngeri dn rasa bergerak2..kerap ketandas.
    Adakah saya hamil….? bantu saya

  37. pacar ku sudah dari awal bulan sampai sekarang belum juga haid,tapi pas tanggal 15 dia mengalami keluarnya darah di bagian vagina nya namun hanya sekali saja itu pun cuma sedikit.Apakah itu tanda-tanda kehamilan?

  38. aKu mau tNy…aq pNh bHubunGAn dgn tunangan Ku bLn November tp bLn Desember aKu masih haid..kira2 januari ini aKu bisa hamil g sih??
    aku takut bgt

  39. aku mau nanya ngimana ya posisi berhubungan sex yg membuat kita cepat hamil,datang bulan saya 28 -30 hari.dan saya selalu mengitung masa subur sudah 1 tahun menikah tapi ngga hamil juga.tolong dong kasih sarannya,supaya cepat punya momongan.makasih

  40. wktu itu sih gak mau nebak2 prubahan kondisiq, takut kcewa, mklum tiap bln aq ngerasa hamil aja pdhl blm..abis gejala hamil d atas byk yg udah aq alami…ud byk tespek aq habiskan,hasilx negarif, nangis2 bombay tiap dtg mens soalx pgn cpt pnya buah cinta,.akhirnya mmutuskan tuk pasrah aja deh, gak ngotot…byk brdoa n “olahraga mlm” pas masa subur tentux…eh, udah pasrah gitu tau2 alhamdulillah, bln dpanx malah isi. wktu itu krn pnasaran lgsung pke tespeck pas telat 1 hari, garis2x lgsung jls “2 garis bbrti positif” nangis lg (lg2 nangis tp ini nagis bahagia:))… suami n klrga snang bget, aplgi aq sndiri, bhgia bgt ada calon baby d rahimq & khamilan sherra skrg udah 23 minggu,.lg lucu2nya…oh iya smoga yg belum cpt nyusul smua,. amin.. doakan kami smoga smua prosesx lancar y nantix…:) 3S ( sehat, slamat & sempurna) ibu n anakx, amiiin…

  41. malam……saya mw tanya kalau oral sex dan sperma dikeluarkan di deket vagina…kira2 sperma bisa masuk g n da kemungkinan bisa hamil????saya tunggu jawabannya n trma kasih

  42. saya sudah 6 tahun menikah namun blm dikaruniai keturunan dan akhir-akhir ini menstruasi saya telat terus malah sekarang sudah hamir 2 bln blm mens tp saya tes negatip apakah saya tidak subur mohon penjelasan

    Bee:
    sebaiknya dilakukan pemeriksaan medis yang lebih detil, silakan datang ke dokter kandungan untuk mendapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap.

  43. saya sdh mnikah 3 tahun, sy blm di karuniai anak, sy pny maslah dngn haid sy yg tdk teratur, kadang 2 bln telat tp stelah d tespek hasilnya negatif, tp kadang dalam 1 bln haid sy bisa 2 kali,dan keluar darah nya kdang sedikit kadang juga berlebihan, ad ap dengan kondisi sy seperti itu, sy jg pernah periksa ke dokter tp kata dokter ga ada masalah…kenapa ya?mohon d jawab terimaksih

    Bee:
    sebaiknya dilakukan pemeriksaan medis yang lebih detil, silakan datang ke dokter kandungan yang lain untuk mendapatkan second opinion atau diagnosa lainnya.

  44. dok saya sudah terlambat datang bulan selama 2 bulan tpi saya tidak merasakan pembengkakan pada payudara ,,itu knp ya dok?

  45. ass…sy sdh menikah hmpr 2 bln..sy dah kepengen pux baby,..skrg ini sy mengeluarkan bercak tp dikit itupun wrnx bkn wrn darah..apa itu tanda mens atau gejala hamil??

  46. kmi mlakukan sex,suami sya gga’ prnah msukin penisx ke vagina sya… Tpi smpe skrg sya blum juga haid? Udah trlmbat 10 hri… Gmna yach?

  47. Kmi sdg pcran, tpi kmi mlakukan sex… Tpi dy tdk prnh memasukkan penisx ke vagina sya, hx mlakukan yg lain… Tpi sperma x dikluarin di prmukaan vagina saya, n saya sudah trlambat 10hri M. Payudara saya sakit dan lmbut.
    Apakah sya hamil?

  48. mau tnya donk..bantu saya yah..
    saya trakhir haid tgl 15 oktober,
    setiap hari melakukan sex dgn suami saya,dan sperma slalu dimasukan..
    Tgl 2 november saya pikir haid tapi hanya mengeluarkan sdikit darah hanya di pagi hari saja,slama 3 hari.setelah itu kembali berhubngan sex dan sperma dikeluarkan didalam.saya tdk merasa sprti tanda2 di atas,saya pakai test pack hasilnya negatif.
    Tgl 8 november smpai skg tgl 20 november sama skali tidak mlakukan sex,berat badan turun 5kg,perut saya membesar,dan sperti ada detak jantung di tengah perut.dan terkadang sperti ada yg berjalan jalan.
    Apakah saya hamil ???
    Tolong jwb skg yah,krna kami blm inginkan hamil,anak pertama msih usia 5 tahun…please jwaban’nya..
    Trimakasih bnyk..

  49. dok
    saya udah nikah 3bln..
    tpi masih blum pnya momongan..
    saya ada masalah dengan hait saya,,biasa ya hait saya telat sekitar seminggu..
    apa saya hamil dok..??
    tolong diblas dok..
    pilsssssssss

  50. saya baru berkahwin dan rasa bimbang tidak dapat pregnant disebabkan saya mengalami masalah kedatangan haid 3-4 bulan sekali..adakah saya boleh pregnant??

  51. saya mau tanya apakah kalau istri kita hamil 2 bulan dan seterusnya akankah kita selalu bersetebuh/menggaulinya atau tidak tolong jelaskan…….

  52. sy sudh nikh 6bulan, dn sudh sbulan tidak dtg haid, sering rasa lelah di awal pagi, pening sewaktu bangun dari tidur, perut saya seperti ada sesuatu yg keras,apakah sya hamil? tetapi sudh 3 kali test air kencing, msih negatif… gamana niii……..

  53. Dokter. Saya mau tanya. Saya dan pasangan sering berhubungan badan tapi selalu memakai kondom dan sperma saya selalu dikeluarkan di luar vagina. Haid pasangan saya selama ini lancar dan teratur. Tapi 2 bulan terakhir haid pasangan saya tidak sebanyak biasanya (2 hari sudah kering). Pasangan saya tidak mengalami morning sickness. Tapi dia memang suka mengidam macam2 dan perutnya semakin lama semakin besar. Saya dan pasangan sudah melakukan test pack sebanyak 3 x. Tapi hasilnya negatif. Sebagai informasi, pasangan saya menderita endometriosis. Terakhir haid (yg cuma 2 hari itu) pasangan saya sempat pingsan. Saya ragu apakah ini karena penyakitnya atau karena hal lainnya? Melihat tanda-tanda pada pasangan saya, saya jadi kefikiran. Apakah pasangan saya hamil… Mohon pendapatnya ya dok… Terimakasih dok….

  54. Dokter. Saya mau tanya. Saya dan pasangan sering berhubungan badan tapi selalu memakai kondom dan sperma saya selalu dikeluarkan di luar vagina. Haid pasangan saya selama ini lancar dan teratur. Tapi 2 bulan terakhir haid pasangan saya tidak sebanyak biasanya (2 hari sudah kering). Pasangan saya tidak mengalami morning sickness. Tapi dia memang suka mengidam macam2 dan perutnya semakin lama semakin besar. Saya dan pasangan sudah melakukan test pack sebanyak 3 x. Tapi hasilnya negatif. Sebagai informasi, pasangan saya menderita endometriosis. Terakhir haid (yg cuma 2 hari itu) pasangan saya sempat pingsan. Saya ragu apakah ini karena penyakitnya atau karena hal lainnya? Melihat tanda-tanda pada pasangan saya, saya jadi kefikiran. Apakah pasangan saya hamil… Mohon pendapatnya ya dok… Terimakasih dok….

  55. ass,, dok saya mau tnya… saya haid tdk teratur. trakhir saya haid tgl 12 nov smpe skrng saya blum haid.. tpi saya mengalami mual dan nafsu mkn skrng berkurang,, pinngang saya sring pegal2. saya sudh pake tespek hasilnya negatif.. apakh saya hamil dok.
    tolong jwbbnya ya dok… thanks

  56. satu minggu sebelum datang bulan istri dan saya melakukan hubungan, ternyata istri saya telat datang bulan selama 7 hari… menstruasi berjalan selama 4 hari (tidak sama seperti biasanya yang paling cepat 5 hari) dan tiap hari hanya sedikit menstruasinya… diikuti dengan demam/flu, juga istri saya tidak dapat mencium bau2 yang menyengat (langsung seperti ingin muntah).
    Pertanyaannya :
    1. Apakah istri saya hamil?

    Saya Pernah menderita hernia, dan saya hanya memiliki satu testis saja, saya juga tergolong hyperseks (dari umur 9 tahun sampai sebelum menikah saya sering sekali onani sampai kadang 1,2,3 kali. Frequency hubungan intim dengan istripun bisa tiap hari – baru saja menikah 9 januari 2011).
    2. Apakah tindakan onani saya yang terlalu sering dapat mempengaruhi MUTU janin yang ada pada istri saya?
    3. Apakah calon anak saya akan baik-baik saja.. bagaimana caranya?

  57. Dok , mau tanyaa nih payudara terkadang sakit dan agak membengkak.apakah saya hamil? Tgn saya terkena cairan pelumas dok dan setelah sekitar sejam saya mandi dan membersihkan vagina saya apa tangan saya masih lengket dengan cairan itu? Apakah itu bisa membuat hamil? Tolong dijawab🙂

Leave a Reply

