[eMBi] Now, my Baby is 20 Weeks Old

Minggu ini adalah minggu ke-20 eMBi, meskipun belum jadwalnya kembali ke dokter, tapi kabar dari babycenter.com sudah diterima 2 hari yang lalu. Karena kesibukan kantor, baru hari ini saya bisa berbagi informasi tentang eMBi.

Menurut info dari babycenter, katanya saat ini eMBi sudah 10 1/2 ounce(kira-kira sekitar 300 gram) beratnya, dan panjangnya 6 1/2 inchi atau 16,51 cm) dari kepala hingga tumit – sepanjang buah pisang.(Pada 20 minggu pertama kehamilan, pada saat kaki bayi masih menekuk, pengukuran dilakukan dengan mengambil ukuran dari puncak kepala sampai pantatnya, sedangkan setelah 20 minggu pengukuran dilakukan dari kepala hingga ujung kaki).

Saat ini eMBi sudah lebih sering belajar menelan, hal ini baik sebagai latihan untuk sistem pencernaannya. Saat ini juga dia sudah menghasilkan meconium(cairan ketuban berwarna hijau dan lengket) yang merupakan produk sisa pencernaan bayi(BAB bayi) yang berada dalam ususnya. Warna hijau disebabkan oleh empedu bayi. Meconium seharusnya tidak keluar pada saat bayi masih dalam kandungan, tapi dia akan terkumpul di dalam usus bayi, dan keluar sebagai cairan yang lengket pada saat proses kelahiran, sebagai BAB pertamanya. Meconium bisa keluar jika terjadi kehamilan yang lewat waktu yang menyebabkan cairan ketuban berwarna hijau, jika hal ini terjadi dan meconium terisap oleh bayi, bisa menyebabkan kematian bayi. Oleh karena itu, rajin-rajinlah memeriksakan diri dan melakukan USG untuk mengetahui usia kehamilan dengan lebih akurat.

Demikian, info tentang eMBi di usianya yang ke-20 minggu. Informasi aktualnya paling cepat baru besok pergi ke dokter. Semoga eMBi selalu dalam keadaan yang sebaik-baiknya, sampai lahiran nanti. Aamiin.

2 thoughts on “[eMBi] Now, my Baby is 20 Weeks Old

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s