[eMBi] Dokter Baru

Dokter Barunya eMBi
Dengan berbagai pertimbangan, terutama masalah jarak dari rumah ke rumah sakit, akhirnya di bulan ke-5(20 minggu), saya dan suami memutuskan untuk ganti rumah sakit, yang tentunya harus ganti dokter juga, karena kebetulan dokter lama kami, dr.Taufik tidak praktek di rumah sakit yang paling dekat dengan tempat tinggal kami. Dan akhirnya, pilihan kami jatuh kepada dr.Chandra Asmuni SPOG, yang berpraktek di RSB.Durentiga.

Lebih kurang sebulan yang lalu, saya sudah mulai hunting mencari informasi dokter yang “tepat”, mencari informasi lewat internet dan teman-teman yang pernah berobat di RSB. Durentiga.

Dari beberapa rekomendasi nama dokter, kami berdua tertarik pada sosok dr.Chandra; dan kebetulan pada minggu ke-18, eMBi “bertingkah aneh”, dari hari sabtu sampai senin, dia diem aja, saya perhatikan perut, denyutnya tenang sekali dan tidak ada gerakan yang biasanya saya rasakan sangat sering di perut saya. Karena khawatir terjadi apa-apa, saya putuskan untuk menemui dr.Chandra, meskipun sebelumnya suami sudah bilang, bahwa eMBi pasti tidak apa-apa, itu cuma weekend syndrome saja, karena biasanya dia lebih lincah di hari kerja, dan santai di hari libur; persis kelakuan bapaknya, yang sangat workaholic, tapi super malas di hari libur.

Tapi karena saya tidak mau terlambat dan menyesal, sekaligus ingin bertemu calon dokter barunya eMBi, akhirnya tanggal 11 Januari lalu, untuk pertama kalinya saya bertemu dengan dr. Chandra. Kesan pertamanya cukup baik, ramah, akrab, dan komunikatif.

Dari hasil USG pada saat itu, eMBi nampak sedang santai dengan tangan kanannya di depan kepalanya, dokter bilang: “Itu bayinya lagi hormat, baik2 aja kok, diem aja mungkin sedang cape, krn masih kecil juga, jadi gerakannya tidak terlalu terasa...”, mengenai keluhan lain bahwa saya sering sakit bagian perut bawah, kemungkinan saya kurang minum. “Kamu harus minum 2.5 liter/hari ya,mi…!!” begitu pesannya dr.Chandra.

Pas saya pulang, suami telpon, dan saya cerita tentang keadaan eMBi dan dokter barunya, dan kami sepakat, 2 minggu lagi, jadwal kontrol bulanan eMBi, kami putuskan untuk ganti dokter, meskipun agak berat hati juga, karena selama 2 tahun ini, kami sudah cocok dengan dr.Taufik. Terima kasih untuk segala kebaikan dan kesabaran dr.Taufik selama ini, semoga mendapatkan balasan dariNYA. Aamiin.

20 Minggu
Sabtu, 3o Januari 2010, ini adalah hari terakhir di minggu ke-20 eMBi, saya dan suami akhirnya ke RSB.Durti untuk melakukan kontrol bulanan. Dr.Chandra dengan sabarnya memeriksa kondisi eMBi dan menunjukkan apa yang ingin kami tahu, seperti detak jantung, berat badan, dan kondisi lainnya. Dari hasil USG, diketahui berat eMBi pada saat itu adalah 409 gram, detak jantung normal( masih seperti pacuan kuda), untuk jenis kelamin belum bisa diketahui, karena eMBi posisinya telentang(menyamping ke arah kami). Tidak masalah sih, karena kami berdua juga tidak terlalu mempermasalahkan jenis kelamin, laki-laki ataupun perempuan, kami akan menerimanya dengan sepenuh hati, yang penting sehat lahir dan batin. Aamiin.

Keluar dari ruang dokter, kami ke kasir bayar biaya dokter dan menebus obat. Di luar dugaan, dr.Chandra memberikan resep vitamin yang lumayan mahal…hohoho…merknya VITACHOL, vitamin lainnya ELKANA. Tapi setelah browsing, kami mendapatkan informasi tentang kandungan nutrisinya, cukup memuaskan. Semoga apa yang kami lakukan ini adalah tetap yang terbaik untuk eMBi. Aamiin yaa rabbal alamien.

PS:
Berikut daftar vitamin dan kandungan nutrisinya yang saya konsumsi selama hamil:

DUPHASTON
Kandungan Nutrisi: Didrogesteron 10 mg/tablet
Masa Penggunaan: 0 – 8 minggu
Fungsi: sebagai penguat rahim
Harga: Rp. 75.000/10 tablet

EMINETON
Kandungan Nutrisi: Fe fumarate 90 mg, cupric sulfate 0.35 mg, cobalt sulfate 0.15 mg, manganese sulfate 0.05 mg, vit B6 3 mg, vft B12 5 mcg, vft C 60 mg, vit E 5 mg, folic acid 400 mcg, Ca phosphate dibasic 60 mg
Masa Penggunaan: 0 – 20 minggu
Fungsi: Membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil
Harga: Rp. 37.000/30 tablet

OSSOPAN 200
Kandungan Nutrisi: Ossein-hydroxyapatite compd (OHC) 800 mg (Ca 178 mg & phosphor 82 mg, collagen & non collagen protein, amino acids
Masa Penggunaan: 12 – 20 minggu
Fungsi: Membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil
Harga: Rp. 37.000/30 tablet

NATAVIT
Kandungan Nutrisi: AA, DHA, dan Asam Folat
Masa Penggunaan: 12 – 20 minggu
Fungsi: Membantu memberikan nutrisi untuk kecerdasan otak janin.
Harga: Rp. 80.000 – 130.000 per 30 softgel kapsul

VITACHOL
Kandungan Nutrisi: Vitamin A 5000 iu, Vitamin B1 7,5 mg, Vitamin B2 2,5 mg, Vitamin B6 10 mg, Vitamin B12 4 µg, Vitamin C 100 mg, Vitamin D 10 µg, Nikotinamida 18 mg, Kalsium Pantotenat 7,5 mg, Asam Folat 0,25 mg, Besi 30 mg, Kalsium Laktat 200 mg, Tembaga 0,1 mg, Iodin 0,1 mg, Dimetilpolisiloksan 20 mg, Natrium Fluorida 1 mg, Lesitin murni (PPC 95 %) 150 mg.
Masa Penggunaan: setelah 20 minggu
Fungsi: Tambahan nutrisi setelah melahirkan & untuk memperbaiki gangguan yang sering terjadi saat hamil.
Harga: Rp. 132.000/30 tablet

ELKANA
Kandungan Nutrisi: Dibasic Ca Phosphate 200 mg,
Ca Lactate 100 mg, Vit. B6 20
mg, Vit.C 25 mg, Vit. D3 100 IU
Masa Penggunaan: setelah 20 minggu
Fungsi: Membantu memenuhi kebutuhan kalsium
Harga: Rp. 25.000/30 tablet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s