[eMBi][INFO] Flek di Trimester Kedua Kehamilan

Keluarnya darah berupa flek ataupun cair di masa kehamilan perlu diwaspadai, karena hal ini bisa merupakan pertanda bahaya untuk kehamilan anda. Sebaiknya segera hubungi dokter anda, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Pengalaman saya pribadi selama kehamilan, sudah mengalami beberapa kali flek/spotting bahkan pendarahan sampai keluarnya jaringan secara spontan. Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.

Penyebab pendarahan pada trimester pertama, antara lain:
1) Melekatnya sel telur pada dinding rahim.
Hal ini biasa, dan dianggap normal, meskipun tidak semua wanita hamil mengalaminya.
2) Perubahan hormon.
Hal ini terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan, meskipun pada beberapa wanita ada yang menetap sampai akhir kehamilan.
3) Pertanda awal keguguran. Jika flek atau pendarahan disertai dengan nyeri perut.
4) Blighted Ovum, atau embrio yang gagal berkembang.
5) Kehamilan Ektopik, yaitu embrio yang menempel di luar rahim, biasanya di saluran tuba falopii. Hal ini menyebabkan embrio tidak berkembang, karena kekurangan nutrisi. Pendarahan yang terjadi pada kehamilan ini disertai dengan nyeri perut.
6) Kehamilan Mola, atau hamil anggur. Pada keadaan ini, plasenta tidak terbentuk secara normal, sehingga embrio tidak berkembang juga. Pada pemeriksaan USG, bukan janin yang terlihat, tetapi jaringan abnormal bergerombol yang menyerupai buah anggur.

Demikian, penyebab-penyebab flek dan pendarahan pada kehamilan trimester pertama(0-3 bulan, atau 0 – 12 minggu kehamilan). Pengalaman saya sendiri, pendarahan pada trimester pertama adalah karena perubahan hormon, apalagi dari awal hormon kehamilan saya sangat tinggi(902,1 di usia kehamilan 2 minggu). Karena hormon ini sangat tinggi, akhirnya muncul jaringan rahim yang memanjang sampai ke mulut rahim(polip endoserviks) yang kaya akan pembuluh darah. Pembuluh darah ini mudah sekali pecah karena gesekan, sehingga munculah pendarahan. Tapi flek dan pendarahan ini akan hilang dengan sendirinya, seiring usia kehamilan. Saat itu, memasuki usia kehamilan 12 minggu, saya sudah tidak mengalami flek dan pendarahan lagi, dan memang polipnya pun makin mengecil.

Memasuki minggu ke-23, ternyata saya mengalami flek lagi. Waktu itu, 2 hari setelah saya kembali dari acara Family Gathering di Anyer, saya mendapati flek berwarna coklat bahkan ada bagian yang berwarna pink. Sempat kaget dan khawatir, tapi saya berusaha terus tenang, apalagi fleknya hanya keluar 1 kali saja. Besoknya, flek itu muncul lagi, tapi warnanya coklat muda. Saya tetap berusaha tenang, dan memang fleknya hanya keluar 1 kali saja dalam sehari. Hari ke-3 flek masih keluar, saya sudah tidak bisa tenang lagi, langsung browsing cari informasi tentang penyebab flek di trimester kedua. Hasilnya seperti ini:
1) Luka pada leher rahim, misalnya karena berhubungan seksual atau pemeriksaan dalam yang terlalu kasar.
2) Penyakit pada vagina atau leher rahim, termasuk infeksi.
3) Mioma di rahim.
4) Plasenta Previa, yaitu plasenta yang letaknya di bawah dan menutupi jalan lahir. Tanda utamanya adalah keluarnya darah merah yang tidak disertai nyeri, dan banyak terjadi di trimester ketiga.
5) Abrupsio Plasenta, yaitu terlepasnya sebagian atau seluruh plasenta pada perlekatannya di dinding rahim. Darah yang keluar bisa sedikit ataupun banyak dan disertai dengan nyeri yang hebat.
6) Partus Premature, yaitu terjadinya pelebaran rahim di usia kehamilan 20- 37 minggu, disertai dengan konstraksi rahim.
7) Keguguran.

Dari tanda-tanda di atas, saya merasa tidak mengalami semuanya, kecuali ada kecurigaan adanya infeksi, karena selama perjalanan dan kegiatan gathering saya menggunakan WC umum yang kemungkinan besar tidak higienis.

Akhirnya saya coba mengirim sms ke dokter-dokter saya. Isinya sebagai berikut:
“Dokter, sy sudah 3 hari mengalami flek, berwarna coklat, bahkan pernah 1x berwarna pink. Tapi janinnya masih aktif bergerak. Apakah berbahaya,dok?”

Dan…datanglah respon dari dr.Taufik: “sebaiknya kontrol”.
Maka besoknya 19 Februari 2010, saya kembali ke Bunda, menemui dr.Taufik.

Kira-kira begini percakapannya:
dr.T: “Kecapean ya, kok bisa flek?”
sy : “Iya, dok, saya baru pulang dari luar kota, acara family gathering”.
dr.T: “Oya?Darimana?”
sy: : “Anyer,dok!hehe…”
dr.T: “Pantes…ikut berenang yaa…?”
sy : “Ngga, dok!”

Kemudian saya di-USG, hasilnya di usia 22 minggu 4 hari, berat eMBi 500 gram, ukuran kepala, detak jantung masih normal. Hanya saja pada saat mengukur lingkar perut, dokter heran, katanya sih agak langsing. Mungkin karena biasanya eMBi selalu kelebihan berat sekitar 50 gram lebih dari berat umumnya. Posisi eMBi masih melintang, kakinya di perut sebelah kanan, sedangkan kepalanya di perut kiri. Dokter masih menganggap posisi ini normal, karena usianya baru 6 bulan, diharapkan bulan depan posisinya sudah berpindah, kepalanya ada di bawah. Dokter menganjurkan saya untuk memperlama posisi sujud pada saat sholat.

Setelah di-USG, kami berbincang lagi.
dr.T: “Sering kontraksi ya?”
sy : “Konstraksi itu seperti apa,dok?”
dr.T: “Perut tegang dan kenceng banget, kadang disertai mules seperti mau haid.”
sy : “Oiya, akhir-akhir ini memang sering begitu, dok. Tapi kadang sakit juga di perut kanan bawah, saya pikir karena kaki bayinya ada di situ”
dr.T:” Iya, itu juga salah satu penyebabnya, karena tendangan kakinya yang aktif, rahim meresponnya dengan berkonstraksi. Saya kasih resep duvadillan, biar rahimnya lebih rileks; banyak istirahat juga ya, jangan kecapean.”

Demikianlah, pengalaman flek saya di trimester kedua. Setelah meminum duvadillan, fleknya tidak muncul lagi, meskipun eMBi tetap lincah dan lebih aktif dari sebelumnya.

Sekarang eMBi sudah masuk minggu ke-25, gerakannya lebih aktif dan kuat dari sebelumnya, saya juga makin kepayahan, bawaannya males bergerak. Jika telat tidak beryoga sehari saja, badan langsung gak enak, gampang pegal dan kram. Tapi semoga saja saya dan eMBi sanggup menjalani trimester ketiga ini dengan sebaik-baiknya, serta dipermudah proses persalinannya nanti. Aamiin. Mohon doa dari semuanya, terima kasiiih….!!!

Referensi:
Berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

19 thoughts on “[eMBi][INFO] Flek di Trimester Kedua Kehamilan

  1. thanks mbak infonya…saya juga lagi dag dig dug nih, masuk minggu ke 13 dapat flek setelah pulang dari luar kota. setelah ke dokter memang langsung dimarahi hehehe..karena saya baru angkat miom akhir tahun kemarin dan kok bisa2nya kecapean wong ngerti rahimnya masih pemulihan (dan sekaligus isi). saya diberi penguat rahim dan pengurang kontraksi, bedrest total sudah beberapa hari nih, tapi lucunya flek coklat itu muncul tiap selang 1 hari..semoga baik2 saja sampai besok2🙂
    cheers!

  2. mba… aku hamil 11 weeks.. lagi jumat kemaren aku keluar darah gitu ky mens, cuman ga byk2 amat seh.. nah pas udah ganti clana seh ga ada lagi darahnya cmn msh ada pink gitu klo ‘itu’nya di lap tisue… bsknya kluar flek coklat gitu ga byk juga seh cmn bercak2 gitu tuh.. aku ga pergi ke dokter abis bingung ke dokter di sini neh cuek bgt… emang sblm nya aku jalan agak cape dari hari rabu mpe jumat mlm itu jalan trus.. nah wkt hari kamis jalannya agak cepet abisnya ngejer train gitu… gmn ya mba solusinya?? tkt mba…. cmn aku msh ngerasa mual juga seh ada eneg2nya… oh ya wkt kluar darah itu perutnya ga sakit sama skali.. apa bnr itu gara2 kecapean aj??

    thx…

  3. @genubies & rany:
    kalo pengalaman sy, selain minum obat penguat rahim dr dokter, sy minum sari kurma jg(katanya ini penguat rahim alami), selain itu juga berusaha banyak istirahat+tdk stres. semoga kalian dan bayi2nya baik2 aja yaa…!!!

  4. mw ikut gabung neeh, ak bingung neeh kmrn ak ngrsain tanda2 hamil, mulai dari payudara sakit,mual,pusing, tapi kmrn tepat tanggal haid ak bulan kemarin tanggal 21 agustus saya flek cokelat, sebelumnya kram perut dari malam terus tgl 22 saya keluar darah segar beda dari darah haid sebelumnya, dan tanggal 23 tidak keluar darah lagi.tapi di tanggal 24, 25, 26 selalu keluar flek coklat sedikit tapi cuma di siang hari, kalau pagi atau malam tidak keliar flek.aku bingung itu tanda ak mens biasa atau aku hamil?

  5. Halo Ayu,
    apa sudah coba tespek?kalo positif, langsung ke dokter saja, biasa dokter akan menyuruh utk bedrest, atau cek darah ke lab utk memastikan kondisi janin(kalo emang hamil)

  6. wooow… sama persis sm pengalamanku mba. Sekarang usia kehamilanku 7 bulan, spotting udah seminggu, coklat muda. Tp kata dokterku gak apa-apa, kemungkinan karena berhubungan dengan suami terlalu hardcore hehhe… tapi masih was-was niih…

  7. saya jadi agak lebih tenang, ternyata banyak juga yg punya kasus seperti ini, saat ini saya masuk minggu ke 9, krn keluar flek coklat saya langsung periksa ke dokter kandungan, janin masih terlihat berdenyut, sepulang dari dokter terjadi flek coklat lebih banyak dan sampai keluar serpihan pink, saya minum obat penguat dan vitamin, hingga saat ini flek berhenti keluar dan saya akan cek lagi ke dokter, semoga tidak ada apa2..terima kasih semua..

  8. Rada tenang jg nemu blog ini. baru ngalamin spotting td pagi di usia 23 minggu. Disuruh bedrest n dikasih duvadilla jg..hope all fine

  9. Trm ksh buat share nya yg sgt bmanfaat.. Mhn doa nya smg kehamilan sy bs bjalan lncr,wlau saat ini disuruh bedrest dl, krn kmrn smpt keluar flek. Trm ksh.

  10. Saya lg sedih nih….kmrn mlm br balik dr RS dr rawat inap, tgl 10agust mlm saya baru balik dr kontrol k dokter kandungan d usia kandungan saya 22mg, dokter blg semua ok, besoknya msh ok, jam10 pagi pegi jemput anak sekolah plg msh ksh makan hingga jam 12.30 saya k toilet n kaget melihat celana sana penuh bercak darah spt mens d sertai ada gumpalan darah kecil, lsg lemas pdh sblmnya tak ada rasa apa2, lsg k dokter n d srh rawat inap, kondisiku d blg threated miscarriage … Sedihnya…
    Stlh kasus ini, aku jd berpkr sblmnya aku sptnya prh mengalami pendarahan walau yg klr bkn darah merah tp ada merah2 pink bareng lendir gt setiap kali saya muntah agak parah atau saat batuk kencang, saya ada blg k dokternya n krn dokter blg baby ok yah saya jg tak terlalu pikirkan. Tp kali ini saya bnr2 sedih, takut dan bingung…. Berharap semua bs baik kembali, ingin bs bed resr total tp saya ada anak umur 4 thn yg harus d urus dan saya tdk d perbantukan siapapun mengingat posisi saya d luar negeri…
    Saat ini saya makan obat yg d beri dokter spy tdk kontraksi, tp saya masih merasakan perut bgn bawah denyut2 walau tak lagi mengeluarkan darah ( hny sekali saja yg jam 12.30 itu) sesudah itu hanya bercak pink bareng lendir saja saat d bersihkan dg tisue…

  11. Mbak,mau sharing jg. Aku baru aja pulang dari RS dirawat 2hari tgl 25&26 Agt’11 kmrn gara2flek kecoklatan. Karena usia kandunganku baru memasuki usia33mggu DSOGnya ga berani ambil resiko lahir dini. Jadi aku harus dirawat inap. Selama dirawat inap dikasih duvadilan infus,fleknya langsung ilang beberapa jam kmudian. Karena dirasa sudah oke smua,DSOG memperbolehkan pulang&dibekali duvadilan tablet. Baru sehari drmh kok flek lg y mbak?pdhal aku msh minum duvadilannya.thx for ur share,,

  12. aku menstruasi tgl 31 desember dan selesai tgl 7 januari,,haid saya memang tidak teratur sejak bln juni.dan di tgl 16 januari tiba” keluar flek coklat & sedikit berwarna pink seperti darah haid,,aku bingung knp begini krn baru seminggu haidnya selesai kok sudah keluar flek lagi,mohon infonya ya dok’

    • maaf mbak Fikha…saya bukan dokter…:-)
      Saya sarankan sebaiknya langsung saja ke dokter spesialis kandungan, supaya mbak Fikha bisa berkonsultasi lebih banyak dan jika ada masalah dengan haidnya, bisa segera diobati.
      Salam,

      Mia

  13. Makasih ya mba, infonya bermanfaat bgt. Saya juga lagi galau karena flek 2 hari. Mau ke dokter hari ini tgl merah pada gak praktek. Info dr mba meredam kegalauan,lumayan utk menenangkan diri sambil nunggu dokternya buka lagi. makasih banget.

  14. Ikut share jg y bund,skr sy hamil 25mgg,td pagi bangun tidur kaya ada flek tak beraturan di celana,tp alhamdulullah skr sdh tidak keluar lg,semalam memang perut sy kaya tegang.pdhl usia 22mgg kmrn jg abis keluar bercak darah segar cm 2 hari,sama dokter dikasi obat penguat.apa perlu sy ke dokter lg Ƴ̥̩̩̩̩̥̊ɑ̤̥̈̊aɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ bund?

  15. Saya juga sm bund , usia kehamilanku udah 22 minguu,, udh bbrp hr ini kluar flek aku taku bgt udh sempat d usg . kata dokter nya baby ny sehat2 aktif . tp smpe skrg msih kluar flek ny . smpet dsru mnum duvadilan tp msi ng flek aja . binggung nih tkut debay nya knp2 . semoga aja gpp dn baik2 aja.

  16. Saya malah sampe masuk rumah sakit dn di rawat inap sampe 2 kali.. pendarahan lumayan hebat.. skrng harus bedrest,, rest,, rest…rest. rerst.. terus.. Alhamdulillah dh membaik kondisi nya,, tp saya tetep khawatir banget sma kondisi lebay nya.. semoga Allah SWT.. memberi kesehatan buat saya sama calon bayi saya.. mohon doa nya ya.

  17. Pagi bun… sya nita.. saya awal bulan ini mengalami pendarahan hebat tapi pas di USG kta dokter debay ne baik” z… usia khmilanku msuk 15minggu. Dan hmpir 2minggu ini msh saja kluar flek.. pdahal udah minum obt pguat jnin sma duvadilan jg… bkin kwatir dag dig dug mkirin msh ngeflek.

Leave a Reply

