Simple and Great Lullaby

MikailaLullaby atau nyanyian penenang, biasanya berupa nyanyian yang disenandungkan sebagai pengantar tidur anak kecil. Umumnya lullaby adalah lagu-lagu pendek, dan yang paling sering kita dengar dari para orang tua yang menidurkan anaknya biasanya liriknya begini:
“Nina bobo…oh Nina bobo…kalau tidak bobo digigit nyamuk…”

Berhubung anak saya namanya bukan Nina, maka saya tidak pernah menidurkan anak saya dengan lullaby tersebut meskipun dengan mengganti lirik “Nina” menjadi “Mika”…, karena menurut saya ada yang salah dengan lullaby tersebut yaitu pada bagian “…kalau tidak bobo digigit nyamuk…”, aneh, bukannya nyamuk leluasa menggigit kalau kita tidur??

Kembali ke lullaby, dari mulai saya mengetahui kalau saya positif hamil sampai sekarang Mika berumur hampir 7 bulan, saya dan suami biasa ‘menyenandungkan’ surat-surat dari Al-Qur’an sebagai lullaby-nya Mika.

‘Senandung’ yang jadi lullaby wajib-nya Mika semenjak di dalam perut, adalah:
* QS. Al-Fatihah
* QS. Al-Ikhlas
* QS. Al-Falaq
* QS.An-Nas
* Ayat Qursi

Sedangkan setelah Mika lahir ke dunia, lullaby-nya bertambah lagi, tergantung situasi, misalnya:
* Mika sudah ngantuk berat, lullaby wajib ditambah dengan doa sebelum tidur
* Mika sedang susah tidur, (1) jika saya yg pegang, lullaby wajib ditambah dengan surat-surat pendek dari Juz Amma(kadang terjemahannya saya senandungkan juga); (2) jika suami yang pegang, lullaby wajib ditambah dengan surat-surat panjang dari Al Quran yang suami sudah hapal.
* Mika rewel, biasanya kami hanya membaca istigfar atau basmalah berulang-ulang dan bacaannya agak dipanjangkan(namun tetap lembut dan usahakan tetap sabar)

Sampai saat ini, lullaby ini masih cukup ‘ampuh’ untuk membuat Mika tidur. Jika saya yang handle, lullaby-nya ‘disenandungkan’ sambil menyusui atau sambil menimang-nimang Mika. Sedangkan jika suami yang handle, lullaby-nya disenandungkan sambil menggendong Mika.

Pengalaman kami dalam menidurkan Mika, hampir tidak pernah menggunakan nyanyian, selain suara kami yang…ehem kurang merdu(karena bukan penyanyi, hehe) dan biasanya Mika kalo dinyanyikan bukannya tidur, yang ada malah ketawa-ketawa….ntah kenapa…kemungkinan dia menyangka ortunya mengajak bermain, bukan menyuruh tidur.

Demikian, pengalaman kami dalam menidurkan anak, ada keuntungan-keuntungan yang kami peroleh dengan ber-lullaby menggunakan bacaan Al-Quran, antara lain:
1. Bisa sambil berdoa dengan tetap mengingatNya sambil meminta hal-hal yang baik untuk anak kita
2. Tidak takut fals
3. Tidak malu ber-lullaby dimana saja atau kapan saja anak mesti ditidurkan
4. Tidak perlu menghapal lagi, karena surat-surat pendek tersebut sudah di luar kepala kita

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para orang tua yang mengharapkan kebaikan untuk anak-anaknya. Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk membentuk generasi yang lebih baik. Aamiin.

4 thoughts on “Simple and Great Lullaby

  1. benar Mia, lagu didendangkan memang indah kalo yg ngerti maksudnya, tapi klo ayat2 Alqur’an kan double combo, he..he..1)kewajiban kita mengajarkan kebaikan pd anak berarti sdh dijlanin, 2)berdoa 3) Isnya Allah pahala diterima 4) selalu Mengingat NYA , anak tidur nyaman..dan terbiasa dengan ayat2 firman Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s