Nenek Moyan

nenekmoyanKetika saya berumur 5 tahun, orang tua saya mengajak kami sekeluarga untuk berkunjung ke rumah salah seorang teman bapak di Cilacap.

Di tengah perjalanan, saya gak tau persis lokasinya dimana, tapi saat itu hari cerah, dan matahari mulai beranjak meninggi, mungkin sekitar pukul 8 atau 9 pagi. Kalau di Sunda, istilahnya “wanci haneut moyan” (wanci = waktu, haneut=hangat, moyan = berjemur). Jalan yang kami lewati saat itu berupa area perbukitan, ada kebun palawija di kanan dan kiri jalan.

Sebelum melewati jalan itu, saya sudah lama terbangun, begitu juga kedua kakak saya, dimana kami duduk di bangku yang sama, karena mobil kami saat itu hanya sebuah mobil pick up, dimana semua penumpang pasti duduk di depan, tidak mungkin di bak belakang. Karena mobilnya lumayan besar, dan saya bersama kedua kakak juga masih kecil-kecil, sehingga semuanya bisa duduk dengan nyaman di bangku tersebut.

Saat kami sekeluarga sedang asyik berbincang, menikmati pemandangan sepanjang jalan yang terlewati, tiba-tiba saya melihat nenek-nenek sedang duduk di pinggir jalan sebelah kanan kami, menghadap ke arah timur/jalan di seberangnya. Saya tidak bisa melihat wajahnya, karena tertutup rambut beruban yang cukup panjang hingga menyentuh tanah.
Anehnya, tidak ada satupun dari keluarga saya yang lain, yang mengomentari penampilan nenek itu, padahal di sepanjang jalan itu saya tidak melihat ada orang lain, selain si nenek. Apakah hanya saya yang melihat si nenek?? Kemungkinan iya, karena di kemudian hari saya tanya mereka tidak ada yang ngeh dengan keberadaan si nenek tersebut. Sepertinya mereka juga tidak peduli dengan cerita saya, karena saya masih dianggap anak kecil, yang mungkin salah lihat.

Jika memang si nenek bukan manusia, mungkin itu menjadi pengalaman pertama saya melihat makhlukNya yang lain. Wallohualam.

Leave a Reply

