Liebster Award : Dariku Untukmu

Prolog

Di suatu tengah malem, ketika saya sedang sibuk mengerjakan sesuatu di depan laptop, gak sengaja lihat inbox, eh ada komentar terbaru yang masuk ke blog saya. Iseng saya buka, ternyata dari emak Arifah. Baca judulnya spesial banget, “dariku, untukmu”. Penasaran saya langsung kunjungi blognya…dan mulai terbengong-bengong, apa gerangan maksud tulisan tersebut. Berbagai macam pertanyaan dan kebingungan mulai berseliweran di kepala, bercampur dengan urusan lain yang memang sedang saya kerjakan malam itu. Sebelum mulai bercampur aduk tidak karuan, saya coba kumpulkan semua hal yang menyangkut liebster award ini, misalnya: siapa orang yang pertama menciptakannya, maksud dan tujuannya apa, dan yang paling penting kenapa si pemberi ‘tongkat estafet’ memilih saya? Semoga bukan hanya karena untuk menggenapkannya menjadi 11 orang saja, haha…gak lah yaa…saya menganggapnya sebagai suatu penghargaan dari sesama blogger untuk memilih kita melanjutkan estafet aktivitas blogging. Secara pribadi saya merasa mak Arifah memberikan perhatian khusus terhadap blog saya yang jarang banget di-update…*tutup muka*. Baiklah, mak…terima kasih kemocengnya…eh tongkat estafetnya…mari kita mulai…

Syarat

Jadi, ketika anda terpilih menjadi 1 dari sebelas orang yang dapat award ini, jangan lupa untuk melakukan ritual berikut:

  1. Post award ke blog kamu
  2. Ucapkan terima kasih kepada blogger yang memberimu award ini, juga sertakan back link ke blognya
  3. Share 11 hal mengenai dirimu
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan padamu
  5. Pilih 11 blogger untuk menerima award darimu dan beri mereka 11 pertanyaan yang ingin kamu ketahui dari mereka.

 11 Hal Tentang Saya

Cuma 11 ya? Gak kurang kepo nih…? Eh…! Baiklah…kalau mau tahu tentang saya…inilah kira-kira 11 gambaran tentang saya…

1. Saya pengangguran yang bahagia

Meskipun kadang kangen suasana kantor, tapi tiap inget atau lihat kelakuan anak kami, rasanya berat untuk kembali kantoran lagi…meskipun ada tawaran dengan gaji dan tunjangan yang menggiurkan saya belum tentu nolak…hehe…ini maksudnya kalau tawarannya datang di saat yang tepat…mungkin saya mau kembali lagi, dengan syarat, anak saya bersama orang yang bisa saya percaya 100%, itupun kalau anak saya sudah cukup mandiri dan sudah paham kenapa emaknya sebaiknya kembali lagi ke kantor. Emhh…bos-bos saya pada baca tulisan ini gak ya…?? ehemm…!  Kenapa saya bahagia, meskipun nganggur? Karena saya merasa hidup saya sekarang penuh “kemewahan”. Kemewahan yang saya maksud di sini sifatnya bukan materi, tapi lebih ke kepuasan batin, dan kebebasan menentukan apa yang ingin saya lakukan, kapan saja, dimana saja. Inilah kemewahan hidup yang diberikan suami saya, setelah kami memiliki anak. Saya diminta suami untuk berhenti kerja kantoran, tetapi dia tidak melarang saya untuk tetap beraktualisasi di bidang apapun yang saya senangi, menjadi pekerja lepas untuk bidang yang saya pernah geluti di dunia kerja, melakukan bisnis sendiri, menuliskan buah pikiran saya, berkecimpung dalam kegiatan sosial, atau apapun, selama kegiatan yang saya lakukan tidak mengabaikan urusan anak.

2. Saya orang yang suka memberi, karena tahu diberi itu sesuatu yang menyenangkan. Kecuali diberi harapan palsu. Uhukk.!

3. Saya orang yang paling gampang bete dalam kondisi kurang kerjaan atau kegiatan.

Oleh sebab ini, saya selalu mencari kegiatan untuk menyibukkan diri, karena too much bengong will kill me. Selain ambil kerjaan freelance di bidang IT,  saya juga mengerjakan hobi membuat kerajinan tangan atau handmade crafting, dan biasanya saya sebut “praktek menggandakan uang”. Hasil tangan saya yang tidak mau diam ini, biasanya saya jual di lingkungan sekolah anak, kenalan, keluarga, dan siapa saja (online shop). Lumayan, selain menyenangkan juga, bisa dapat uang, bisa dipake sendiri (dan anak) juga, jadi hemat kan?🙂

4. Menurut saya sendiri, saya romantis, dan menyenangi hal-hal yang indah dan menyenangkan, apapun itu: film, buku, lagu, dan hal-hal yang bisa dilakukan di rumah, misalnya ngegombalin suami saya, ehem…!

5. Saya suka makanan pedas, asin, dan segar alami (buah-buahan).

Kurang doyan makanan manis, sangat membatasi asupan softdrink, soda dan fast food.

6. Paling benci sama orang yang malas dan munafik.

7. Cukup pemaaf, meskipun kadang butuh waktu untuk memaafkan, tapi alhamdulillah tidak pernah benci/dendam yang dibawa mati. Saya juga tidak suka membenci siapapun, karena rasanya menyiksa batin saya sendiri, dan itu sangat tidak baik untuk kesehatan.

8. Kata suami, saya orang yang perfeksionis.

Mungkin juga, karena saya selalu berusaha mempersiapkan apapun dengan sebaik-baiknya, mengelola sesuatu dengan teratur, paling tidak bisa diam jika melihat yang berantakan, termasuk lihat muka yang berantakan, minimal pengen komen. Tidak terbiasa melakukan sesuatu yang dadakan, karena selalu tidak puas dengan hasilnya.

9. Paling sulit melupakan kebaikan orang, meskipun orang tersebut sudah pernah menyakiti ataupun melakukan kesalahan kepada saya.

10. Biasanya selalu ingin membela orang yang teraniaya, cieee…heroik kali yeee…

11. Cukup sentimentil, gampang sedih, apalagi kalau lihat orang-orang susah atau hidupnya kurang beruntung.

 

11 Pertanyaan dari  Mak Arifah

1.   Sejak kapan kamu mulai ngeblog?

Jawaban saya:

Setelah bongkar-bongkar dashboard…nyari postingan pertama, dari hasil migrasi blog sebelumnya, waktu saya masih pake blogsome…dan ketemulah…postingan pertama saya tulis di tanggal 10 Agustus 2005, ternyata saya menulis tentang Microsoft Excel, kalau mau baca tulisannya ada di sini. Saya ingat, waktu awal-awal belajar ngeblog, tulisan saya banyaknya kutipan-kutipan ide orang, dan pernah juga copas tulisan orang lain…duuh…malu…!!

2.   Apa motivasi terbesarmu untuk tetap ngeblog?

Jawaban saya:

Ingin berbagi hal-hal baik, atau sharing pengalaman saja.

3.   Apa hal yang paling kamu takuti di dunia ini?

Jawaban saya:

Saya hanya takut tidak punya semangat hidup. Kenapa begitu?Kenapa coba? Menurut saya sih begini…meskipun kita dalam kondisi yang baik, tidak kekurangan satu hal apapun. Tapi jika tidak memiliki semangat untuk hidup, semua yang kita miliki tidak akan membuat kita bahagia. Tapi sebaliknya, meskipun kita harus menjalani dan memikul beban hidup yang berat, tetapi jika memiliki semangat, yakin bahwa kita mampu, semua akan bisa dijalani dengan baik dan bahagia, sehingga beban seberat apapun akan terasa ringan.

4.   Jika salah satu teman dekatmu ada yang menjadi seorang single mother, apa saranmu untuknya?

Jawaban saya:

Saya selalu yakin, bahwa setiap manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Secara sunatulloh, makhluk diciptakan berpasangan, siang dan malam, laki-laki dan perempuan, dan lainnya. Keduanya diciptakan untuk saling melengkapi. Tetapi jika suatu saat, jalan hidup mengharuskan kita sendiri, yakin saja bahwa kita mampu untuk menjalankan tugas keduanya (kecuali tugas-tugas yang sifatnya fitrah hanya dianugerahkan kepada salah satu saja, misal: hamil hanya bisa dilakukan oleh perempuan, dan membuahi hanya bisa dilakukan oleh laki-laki). Untuk yang single mother atau single parent, tetap semangat yaa…kamu hebat!!

5.   Barang apa yang selalu ada di dalam tasmu saat bepergian ke luar rumah?

Jawaban saya:

Dompet dong, bu…hihih…ya handphone juga deh…meskipun kadang lupa ketinggalan. Ada prioritas barang yang wajib saya bawa, menurut skala adalah sebagai berikut:

  1. Dompet
  2. Handphone
  3. Bedak

6.   Gambarkan dirimu dalam 3 kata?

Jawaban saya:

Saya seorang pembelajar.

Seumur hidup, saya ingin terus belajar, dalam hal apapun, berguru kepada siapapun. Mungkin terkesan klise, tapi menurut saya, hidup adalah sekolah, dimana kita harus selalu belajar bagaimana mempelajari banyak hal supaya kita bisa berbuat yang terbaik untuk segala tugas yang kita lakukan. Pernah suatu saat saya melamar ke suatu perusahaan. Ketika wawancara, saya ditawari posisi yang berbeda dari posisi yang saya lamar, hanya karena si pewawancara yang kebetulan owner perusahaan tersebut tertarik pada pengalaman kerja saya yang pernah menggunakan suatu tools untuk pembuatan dokumen analisis. Saat itu saya sampaikan secara jujur bahwa saya hanya sebatas tahu, tapi tidak mahir atau berpengalaman banyak dengan tools tersebut. Sang owner men-challenge saya dengan bertanya “Tapi kalau saya suruh belajar, bisa kan?”, maksudnya apakah saya mau, jika beliau memberi kesempatan kepada saya untuk belajar sendiri menggunakan tools tersebut dan menerapkannya untuk pekerjaan yang akan saya terima. Tentu saja, saat itu saya bersedia dan cukup bersemangat untuk mempelajari hal baru. Dan pengalaman itu, telah membawa saya ke jalan hidup saya sekarang. Kesempatan belajar yang pernah diberikan si bos, telah menjadi modal dan bekal hidup saya untuk mencari rezeki.

Tidak hanya di dunia kerja, dalam kehidupan sehari-hari pun hingga saat ini saya masih terus belajar, untuk menjadi seorang istri yang terbaik untuk suami, ibu yang baik untuk anak saya, anak yang baik untuk orang tua, saudara yang baik untuk kerabat dan keluarga, teman yang baik untuk teman-teman saya, juga memberikan yang terbaik untuk seluruh tugas hidup saya, dimana pun saya berperan di masyarakat.

7.   Apa harapanmu untuk Indonesia?

Jawaban saya:

Saya mengharapkan Indonesia memiliki pemimpin yang dapat memperbaiki kondisi yang masih kurang, dan membuat bangsa ini menjadi maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain dalam hal yang baik dan positif.

8.   Di usia berapa kamu ingin mimpi terbesarmu terwujud?

Jawaban saya:

Saya ingin sesegera mungkin terwujud, besok kalau bisa, haha.

Sebenarnya saya tidak pernah membatasi kesuksesan atau keberhasilan dari apapun yang saya usahakan, tapi sebisa mungkin saya ingin mewujudkannya sebelum umur 40 tahun.

9.   Apa resep cantik alamimu?

Jawaban saya:

Ini boleh lebih dari 1 kan jawabannya? Boleh ya?? *maksa*

Hingga saat ini saya hanya berusaha selalu bahagia saja dengan selalu berpikir positif dan bersyukur dengan apa yang sedang saya jalani,  menjaga pola hidup sehat, mulai dari makanan dan minuman, olahraga, dan istirahat.

Saya yakin, bahwa kecantikan yang hakiki itu bermula dari dalam, karena menurut saya, meskipun fisik kita dihias dengan kosmetik mahal dan aksesoris-aksesoris dengan harga selangit pun, jika hati kita tidak bahagia, maka apa yang kita rasakan akan terpantul dari ekspresi dan bahasa tubuh kita.

Sudah 3 tahun terakhir ini saya melakukan terapi air putih, yaitu dengan membiasakan diri, meminum air putih sebanyak 1 liter di pagi hari setelah bangun tidur, dan sebelum ada makanan atau minuman lain(selain air putih).

Manfaat air putih untuk kecantikan dan kesehatan, cukup banyak, antara lain adalah menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit menjadi tidak kering dan keriput. Sedangkan untuk kesehatan, air akan memperlancar proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan selalu dibersihkan dari toksin-toksin yang akan membahayakan tubuh, yang sudah pasti akan berpengaruh pada kecantikan.

Selain itu, saya juga mengurangi konsumsi gula, softdrink, dan junk food. Sebisa mungkin mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari, meskipun dalam jumlah yang sedikit, tapi diusahakan makan setiap hari.

Di samping menjaga asupan makanan, saya juga melakukan olahraga secara rutin. Biasanya saya melakukan yoga 1 minggu sekali.  Saya merasakan manfaat yoga, selain untuk melancarkan darah dan menghilangkan pegal-pegal di badan, yoga juga dapat dijadikan media untuk relaksasi, yang berguna untuk mengurangi stres dan capek secara kejiwaan. Setelah asupan makanan dan minuman, olahraga rutin, saya juga mengurangi frekuensi tidur terlalu larut malam.

10.  Apa keinginanmu yang ingin diaamiini oleh semua orang?

Jawaban saya:

Hidup bahagia, dan mati masuk surga…haha…!aamiin.

11.  Tuliskan tiga keburukan dirimu yang ingin kamu ubah lebih dulu?

Jawaban saya:

Hmmm…kasih tau gak yaa??Hehe…yang disadari, mungkin 3 hal berikut: a. Kurang percaya diri b. Gampang Panik c. Moody

11 Penerima Award

  1. Novia (http://www.noviawahyudi.com/)
  2. Suliyanti (http://nyonyah.blogspot.com/)
  3. Rohani Syawaliah honeylizious (http://www.honeylizious.com/)
  4. Vivi Nafisah (http://anakjempolan.wordpress.com)
  5. Adis Anita (http://adisanita.wordpress.com/)
  6. Uniek Kaswarganti (http://www.uniekkaswarganti.com/)
  7. Zaleha (http://kurmadu.blogspot.com/)
  8. Junita Sari Siregar (http://sarijeruk.blogspot.com/)
  9. Tita Bunda Aisykha (http://bundaaisykhanulisblog.wordpress.com/)
  10. Ummu Salaamah (http://diarysalamah.blogspot.com/)
  11. Farida Aryany (http://faridaryany.wordpress.com/)

11 Pertanyaan dari Saya

  1. Apa keinginan yang akan diwujudkan dalam jangka pendek ini? Bagaimana usaha untuk mewujudkannya?
  2. Apa momen paling menyenangkan yang sering anda alami akhir-akhir ini? Kalau saya sih, tidur siang sama anak.
  3. Apa kesalahan terbesar yang pernah anda lakukan dan bagaimana memperbaikinya?
  4. Apa kiat mendidik anak, terutama bagi orang tua yang bekerja?
  5. Pernah trauma?Karena apa?Kalau sudah sembuh, boleh dong dibagi cara penyembuhannya?
  6. Apa yang anda lakukan jika mengalami stres atau depresi?
  7. Siapa orang yang paling menginspirasi hidup anda?
  8. Pernah punya keinginan hidup di luar Indonesia? Kalau ya, negara mana yang ingin anda tuju? Kalau sudah pernah tinggal di luar Indonesia, apakah ada tempat atau negara yang paling disenangi?
  9. Apa yang akan anda lakukan, pada saat mengetahui teman atau sahabat kita berselingkuh dari pasangannya?
  10. Apa lagu favorit anda? Ceritakan alasannya ya!
  11. Kota wisata favorit di Indonesia yang selalu ingin anda dikunjungi?

Epilog

Demikian liebster award dari saya, semoga 11 teman yang saya pilih dapat menerima tongkat estafet ini dengan baik dan senang hati. Meskipun tidak ada deadline dan hadiah, tapi saya harap teman-teman berkenan untuk melanjutkannya ke yang lain. Oiya…untuk yang saya pilih dapat award ini, alasannya karena blog kalian ada di RSS feed saya, otomatis selalu saya pantau jika ada update🙂

Terima kasih banyak yaa…:-)

8 thoughts on “Liebster Award : Dariku Untukmu

  1. @Mak Arifah: ada pertanyaan lain lagi??*berasa seleb:p*
    Maaf yee…lama balasnya…alhamdulillah kalo puas…saya jg plong dah bisa publish tulisan ini…lama banget ngendon di draft…untung belom setaon…wkwkwkwk…

Leave a Reply

